Pentingnya Membangun Identitas Bisnis Pada Digital Marketing

Halo Penggiat Digital

Saya katakan penggiat karena banyak sekali sekarang melakukan aktifitas di dunia maya alias Digital, apakah dia sebagai pengguna biasa yang menikmati platform digital, dia sebagai profesional bekerja di dunia digital atau pun sebagai pengusaha Digital yang biasa disebut Bisnis Online, dan aktifitas -aktifitas lain.

Sebelum masuk ke pembahasan judul diatas. hal yang mendasari nya ialah banyak banget orang atau teman yang saya kenal latah masuk di dunia digital, khususnya digital marketing untuk mulai menjalankan bisnisnya secara online. tidak salah memang? karena kita beranggapan internet merupakan tempat ramai orang dari mana saja dan dijam berapa aja bisa jualan.

tapi, sebenarnya peluang yang kita lihat dan mudahnya mempelajari Digital Marketing tidak menjadi efek berarti pada bisnis. jika kita masih belum mengerti apa identitas dan jati diri bisnis kita. Maka saya sering mengatakan pada saat training dan diskusi bahwa kehebatan  Digital Marketing apapun itu hanya berlaku 1%. terus apa yang 99% itu. bahasa yang saya buat ialah Identitas Bisnis itu sendiri. silahkan yang lain, ingin mempunyai istilah sendiri

Ketika Identitas bisnis sendiri ini sudah kita pahami maka digital marketing atau tools-tools lain hanya sebagai pelengkap atau penopang dari itu semuanya.

So, apa saja identitas bisnis yang harus kita rapikan dan kita renungkan dalam bisnis kita? yang menjadi bangunan utuh dan diimplementasikan dengan mudah pada pengelolaan digital marketing kita nantinya.

Ada beberapa point yang perlu kita siapkan pada identitas bisnis :

  • Bisnisnya apa Produk/Jasa?  (What)
  • Keunggulan dan Unik Bisnisnya Apa? (Why)
  • Pengalamannya Seperti apa? (When)
  • Pasarnya Siapa ? (Who)
  • Wilayah Pemasaran ? (Where)
  • Mendapatkan Konsumen Seperti Apa? (How)
  • Apakah ada Aturan tertentu? (Policy)
  • Pelayanan Ke Konsumen? (People)

Jika ini sudah ditentukan dalam membuat aset digital marketing seperti copyriting layout dan penawaran yang diberikan pada website, pengelolaanya dari kontentnya dan periklanannya bisa disesuaikan dengan tepat. Jika bisnis sudah mengalami pertumbuha. Identitas Bisnis diharapan juga dirubah berkala dan aktifitas digital marketing juga bertumbuh atau disebut dengan scaleup.

Silahkan diskusi untuk menjelaskan maksud masing-masing dari identitas bisnis tersebut, dan bagaimana pola implementasinya terhadap platform digital marketing.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *