Digital marketing tak hanya bisa diterapkan di perusahaan dengan skala besar. Justru digital marketing ini lebih tepat digunakan pada usaha kecil menengah (UKM). Sebab perusahaan dengan skala kecil dan menengah biasanya tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan promosi di berbagai media, misalnya televisi.
Terdapat beberapa tools yang bisa kita manfaatkan sebagai media pendukung digital marketing. Berikut ini penjelasan mengenai 10 digital marketing untuk UKM.
Tools Digital Marketing yang Sangat Membantu
- Canva untuk Visual Branding
Tool pertama yang dapat kita gunakan untuk mendukung aktivitas digital marketing yaitu Canva. Bisa diakses dari browser dan download di play store, platform ini digunakan untuk membangun visual branding suatu bisnis.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan Canva salah satunya membuat logo untuk bisnis. Tak berhenti di situ, kita juga dapat berkreasi dalam membuat desain tampilan brand. Ada ratusan template di Canva yang bisa kita pilih untuk membuat desain visual branding UKM kita.
Platform ini sangat cocok untuk kita yang ingin melakukan visual branding namun kurang memiliki kemampuan untuk desain grafis.
Saya sesekali menggunakan canva karena butuh design visual yang cepat, modern juga elegan. Hanya saja Anda juga harus merubah sedikit agar tidak terlihat canva banget. hehe
- Trello untuk Mengelola Perencanaan
Trello merupakan platform yang menyediakan layanan membuat catatan. Cara agar yang dapat disimpan berbentuk teks maupun gambar. Aplikasi ini sangat bermanfaat ketika masih dalam tahap awal perencanaan jalannya bisnis.
Tak hanya menyediakan fitur untuk membuat catatan dan juga ceklis, trello juga dapat digunakan untuk media sosial. Kita dapat berkolaborasi dengan partner bisnis dalam menyusun perencanaan.
Trello juga penting untuk memanjemen staf karyawan apa plan dan yang sedang dikerjakan saat ini.
- Hootsuite untuk Mengelola Media Sosial
Kalau Tool ini, hanya sesekali saja yang pakai, karena berbayar dan banyak juga tool yang gratisan. Cuma tool ini yang super lengkap. Tool Ini menyediakan layanan untuk mengelola media sosial dengan sistem berbayar. Biaya yang diperlukan sekitar Rp400.000 setiap bulannya. Kita dapat mengelola konten, respons, dan juga pengikut akun mendia sosial bisnis dengan hootsuite ini.
- Google Trends atau Ahrefs untuk Menentukan Keyword
Riset keyword sangat penting untuk dilakukan sebelum membuat konten. Melakukan riset keyword secara manual sangat memakan waktu. Oleh sebab itulah hadir Google trends dan Ahrefs untuk membantu riset kita.
- Yoast SEO dan All in One SEO Pack untuk Menaikkan Rangking
Tools digital marketing untuk ukm berikutnya adalah Yoast SEO. Manfaatnya adalah untuk naikkan tingkat di halaman hasil pencarian. Caranya dengan melakukan analisis pada konten dalam website agar lebih mudah dideteksi oleh Google. Selain yoast seo saya juga sering menggunakan All in One SEO Pack. Ini biasa saya gunakan pada platform website CMS WordPress
- Unsplash, Freepik untuk Stok Gambar
Untuk membuat konten yang baik, hindari mengambil gambar sembarangan dari hasil pencarian Google. Gambar tersebut bisa saja memiliki hak cipta. Kita dapat memanfaatkan Unsplash atau freepik untuk mencari gambar yang kita butuhkan. Gambar yang disediakan di sini gratis dan tidak terikat hak cipta sehingga lebih bebas untuk kita gunakan. Namun memberikan kredit kepada fotografer tentu lebih dihargai. Ini website favorite saya untuk mendapatkan gambar yang elegan dan tidak sembarangan
- MailChimp sebagai Email Marketing Tool
Salah satu metode digital marketing yang populer adalah email marketing. Tentu saja kita tidak mengirimkan email secara manual kepada konsumen kita. Oleh sebab itu kita membutuhkan sebuah tool yang dapat mengatur dan manajemen email marketing. Salah satunya yaitu MailChimp.
- Google Analytics untuk Analisis Website
Sebagai pemilik sebuah bisnis, kita pasti perlu memantau berbagai hal yang ada di website. Misalnya perilaku pengunjung dan apa saja hal yang mereka sukai dari website kita. Google Analytics hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Data yang tersaji cukup lengkap dan sangat membantu kita untuk meningkatkan kualitas website agar tetap relevan dengan target pasar kita.
- Google Ads untuk Periklanan
Tool Andalan Utama saya ialah Google Ads. Google Ads dapat Meningkatkan kunjungan atau traffic di website kita dapat kita lakukan dengan memasang iklan di Google. Lebih tepatnya adalah menggunakan fitur Google Ads. Kita dapat memasang iklan berupa teks, gambar, dan juga video. Google akan menentukan besaran biaya berdasarkan jangkauan yang kita inginkan. Google Ads ini coba bisa kita gunakan untuk meningkatkan traffic dan jangkauan website. Metode yang digunakan berbeda, jika kita membayar untuk Google Ads, secara otomatis konten website kita akan muncul di hasil pencarian paling atas Sesuai dengan kebutuhan yang dicari konsumen
- Facebook Ads
Seperti Google Ads, layanan facebook ads masih menjadi primadona tool digital marketing iklan berbayar ini dapat menargetkan orang sesuai dengan interest dan kategori yang diinginkan dengan berbagai objective yang kita inginkan. Facebook ads akan efektif apabila kita mendapat user yang tepat dengan copy writing yang menghipnotis.
Itulah berbagai tools digital marketing untuk UKM. Apabila Anda masih mengalami kebingungan dan kurang jelas dengan penjelasan di atas, hubungi saya msh.web.id untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai tools ini.
Sebenarnya masih banyak lagi, tools yang bisa saya share dan sering saya pakai dalam menjalankan aktifitas digital marketing. Nanti jika ada kesempatan saya akan tambah dan bahas detail satu persatu cara penggunaan dan teknis memudahkan menjalankannya. Untuk lebih intens dari tool diatas silahkan konsultasikan problem anda ke msh.web.id karena kami juga layanan konsultan digital marketing