Kursus Google Ads : Cek Selalu “Search Term Report” agar Iklan tidak Boros

Halo Advertisers,

Setelah memendam lama ingin menulis, akhirnya kesempatan lagi untuk update website ini. Karena banyaknya Training Google Ads dan Coaching Digital Marketing jadi gak sempat nulis dan update di website ini. Sorry sekali lagi sorry kalau sebelumnya ngeliat website ini sudah tidak lama Update. Semoga Setelah ini lebih rajin lagi Update dan Sharing tentang perdigitalan. hehe

Oke. langsung saja, Setelah kita membuat Iklan dengan benar ikuti step berikut untuk membuat iklan yang benar dan efektif. kita masuk pada optimasi atau pengelolaan campaign Google Ads. Optimasi yang paling sering saya lakukan untuk campaign baru pertama kali dibuat hingga satu bulan pertama ialah “search term report” atau kalau di adwords Anda menggunakan bahasa Indonesia namanya “Penulusuran Terkait”.

Untuk masuk kesini Anda bisa login Google Ads masuk ke campaign pilih tab kiri Keywords setelah itu tab atas “search term report”

tampilan search term report dan penulusan terkait

Sebenarnya apakah laporan penulusuran terkait atau search term report itu ? kalau Google mengatakan manfaat dari Frasa Istiliah penulusuran ialah:

Istilah penelusuran adalah kata atau rangkaian kata yang betul-betul dimasukkan oleh pelanggan saat melakukan penelusuran di Google.com atau salah satu situs Jaringan Penelusuran kami. Kata kunci adalah kata atau rangkaian kata yang dibuat pengiklan Google untuk grup iklan tertentu guna menargetkan iklan kepada pelanggan.

kata simpelnya ialah Search term report ialah kata kunci yang user cari yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukkan dengan type broad, pharase, dan exact yang menurut google memilili kesamaan arti, ejaan atau interest maka kata kunci yang kita tidak masukkan. user bisa melihat iklan kita dengan keterkaitan tersebut.

lihat pada laporan gambar diatas. pada kolom Added/Exclude terdapat status Added yang berarti kata kunci yang kita masukkan sama dengan yang di cari/ klik dari user yang mencari, terdapat status None yang berarti kata kunci tidak kita masukkan tetapi menurut google ada keterkaitan dengan kata kunci yang kita buat. nah.., disinilah saatnya kita melakukan optimasi dari status-status itu.

pada status “none” ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan diantaranya

  1. Menjadikan Kata Kunci Baru Satu Kalimat
  2. Menjadikan Negatif Keyword Satu Kata
  3. Menjadikan Negatif Keyword Satu Kalimat
  4. Mengabaikannya tidak negatif dan tidak keyword
  5. Menambah Inspirasi untuk Variasi Research Keyword Selanjutnya

5 hal itu bisa Anda lakukan dalam pengelolaan search term report, untuk detail dari maksud tersebut. saya akan sempatkan untuk menulis lanjutannya nanti. tetapi, saya anggap Anda Paham. Optimasi apa yang bisa dilakukan melihat dari Laporan Search term report.

Karena kalau kita sering mengecek dan melakukan optimasi tersebut, disinilah letak iklan kita efektif atau meluas kemana-mana. apalagi Anda pada saat membuat campaign menggunakan Keyword “Broad” atau “luas” maka search term report ini semakin liar untuk mendapatkan jangkauannya. ketika broad keyword Anda mengatasinya ialah menambahkan negatif keyword agar ada bumper atau penahan dari keyword-keyword yang ingin di luaskan oleh sistem Google.

Itu Dulu dah yaa. nanti lanjut again..

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *