Cara Pasang Google Ads : Panduan Google Adwords Tampilan Baru

Halo,,

Karena banyaknya permintaan untuk dibuatkan video cara pasang Google Ads dengan tutorial tampilan baru, iya Google baru-baru ini mengarahkan kita untuk mengelola dan membuat iklan Google Ads dengan tampilan baru. sebelumnya saya sudah buat panduan belajar Google ads anda bisa cek di sini,

Kali ini, kita akan bahas cara membuat Iklan google Ads dengan tampilan yang baru. sebenarnya dengan tampilan baru dan tampilan lama, sama saja konsepnya, hanya saja bedanya pada tampilan dan tata letak. awalnya memang agak sedikit bingung yang biasa menggunakan tampilan yang lama, tetapi dibiasakan lama-lama juga terbiasa, saya sudah 1 tahun terakhir ini menggunakan tampilan yang baru dalam membuat dan mengelola kampanye google ads. berikut yang saya maksud tampilan baru Google ads.

 

Untuk cara membuatnya sebenarnya sama saja yaitu

 

1. Membuat Campaign Google Ads

Yang terdiri dari memilih Type Campaign, Location, Schedule, Device, Daily Budget, Bahasa

 

Pada saat Anda, membuat Campaign hal utama yang dilakukan ialah memilih type campaign. jika mengingkan iklan tayang hanya di google search maka pilih “search”. dan ikutin step by step jika telah selesai pilih continue

lokasi, bahasa dan daily budget

Selanjutnya memilih lokasi penayangan iklan bisa berdasarkan provinsi, wilayah, kota serta radius. jangan lupa untuk memilih option location berdasarkan lokasi user, minat,  dan lokasi target.

bidding strategy

Pada bidding, Jika Anda mempercayakan Google untuk melakukan optimasi lelang pada harga setiap kata kunci, maka pilih Automatic, dengan memilih sesuai keinginan Anda. jika Anda suka manual agar lebih mudah dirubah, di kontrol dan nyaman. maka bisa menggunakan bidiing manual dengan cara pilih “select a bid strategy directly” dan pilih manual bidding. saya biasanya melakukan untuk awal dengan manual bidding

2. Membuat Adgroup yang terdiri : Membuat list Keywords, dan Adtext

menambah list keywords

Selanjutnya anda menambahkan keywords, sesuai dengan bisnis dan usaha Anda. gunakan keywords yang potensial. potensial dalam artian keywords yang sesuai dengan bisnis, keywords yang banyak pencariannya, dan keywords dengan cpc atau biaya per klik yang terjangkau. Anda bisa melakukan research keywords yang tepat dengan menggunakan beberapa tools salah satunya dengan keywords planner, extensi keywords related, keywords.io dan lain-lain.

Selanjutnya tentukan type keywords untuk phrase, broad, dan exact detail dari pembahasan dan strategy penempatan keywords akan saya bahas pada posting selanjutnya. karena ini cukup panjang dan jeli.

karena kunci sukses beriklan di google ads ialah memilih keywords yang tepat.

menambah adtext iklan

Selanjutnya buat iklan yang menggugah, agar banyak klik, buat yang menarik perhatian pada Headline 1 dan 2. dan jangan lupa untuk membuat iklan yang relevan dengan keyword list dan landing page. Anda bisa melakukan automatic customize adtext dengan menggunakan fitur insertion. dengan cara arahkan kursor pada label. masukkan symbol kurung kurawal { selanjutnya ada pilihan keywords insertion, coundowon, dan fungsi if. untuk lebih menarik. lebih mudahnya dalam penulisan iklan Anda bisa contoh dari iklan google yang sudah tampil untuk di tiru dan di modifikasi. setelah selesai buat kembali iklan. diharapkan untuk membuat minimal 3 iklan setiap Adgroup.

3. Penagihan dan Pembayaran

Secara simpel, sebenarnya iklan Anda sudah siap tayang. tinggal melakukan deposit saldo iklan ke google dengan cara pilih “tools – billng and payment”. maka muncul seperti gambar dibawah ini.

Ada dua opsi metode pembayaran yaitu manual dan otomatis. jika manual Anda melakuakn transfer dahulu bisa menggunakan kartu kredit atau transfer bank. maka jika berhasil Saldo anda terisi, untuk transfer bank. Anda diarahkan transfer ke City Bank biasnaya kurang dari 24 jam sudah masuk menjadi saldo Google ads. kalau dengan kartu kredit biasanya hanya membutuhkan waktu paling lama 5 menit untuk melihat hasil deposit kita.

jika menggunakan metode pembayaran “automatic”. konsepnya sama seperti pasca bayar. Anda akan ditagih setelah masa iklan sudah mencapai batas, bayarnya di akhir setelah penggunaan.

4. Menambah Extension Adtext

Sebenarnya dengan tiga tahap diatas, Anda sudah berhasil untuk membuat iklan. tetapi, untuk memperbagus tampilan dan meningkatkan performance iklan. Disarankan untuk menambah ekstensi atau fitur-fitur penambah tulisan pada iklan. ada banyak fitur pada iklan diantaranya bisa Anda cek pada gambar dibawah.

 

Lihat gambar diatas banyak bukan? yang terpenting ekstensi untuk Anda pasang ialah

  • Sitelink
  • Call Out
  • Call Extension
  • Message Extension
  • Location Extension
  • Snipped Extension

Anda bisa mengategorikan, setiap ekstensi pada level account, campaign, atau Adgroup.

5. Menambah Negative Keywords

Agar iklan lebih efektif, untuk menghindari keywords yang tidak tepat sasaran. anda bisa menambahkan keywords-keywords negatif yang tidak sesuai dengan bisnis Anda, yang akan menghabiskan budget Anda. karena jika Anda menggunakan keywords broad. Google akan membuatkan keywords baru sesuai dengan minat dan sinonim yang menurut google ada kesamaan dengan bisnis Anda. untuk mengurangi kesalahan dari Google. Anda bisa menambahkan Keyword negatif.

 

Jika lima tahap itu sudah dilakukan, Iklan Adwords siap live dan tayang di Halaman Google, Selanjutnya Anda bisa melihat status dari masing-masing hasil yang sudah dibuat. Dilihat dari sisi bidding cukup atau tidak, keywords yang eligible dan status adtext. Jika semuanya sudah valid, approved dan eligible.

Setelah berjalan 1-3 hari selanjutnya Anda bisa melakukan optimasi atau perubahan-perubahan untuk meningkatkan performance iklan yang menghasilkan. meningkatkan posisi iklan, meningkatkan quality score, menurunkan cpc biaya perklik, dan yang pastinya meningkatkan omzet penjualan. kesimpulannya untuk membuat campaign google ads.

  1. Siapkan pengaturan campaign
  2. Membuat Adgroup yang terdiri dari Adtext dan Keywords
  3. Setting pembayaran dan penagihan
  4. Menambah sitelink iklan
  5. Menambah Negatif Keywords.

Ini Cara cepat, sebenarnya masih ada didalamnya detail dan tips dalam membuat campaign google ads. yang Insyallah saya akan bahas detail satu persatu. Jika ingin belajar mahir Google ads. bisa hubungi team kami untuk info training dan private Google ads.

 

 

 

 

 

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *