Mengukur Keberhasilan Search Engine Marketing (SEM)

Hi Advertisers..,

Apakah Campaign SEM atau Adwords Anda berhasil ?

Apakah Campaign SEM atau Adwords Anda Menguntungkan ? Atau malah Boncos alias merugi?

Apakah keberhasilan Google Adwords diukur dari Membuat struktur Campaign, memilih keywords yang tepat, menulis adtext yang menarik, mendapat impression tinggi dan klik yang bagus, Quality Score, Bounce Rate, Impresion Share?

Sebenarnya tujuan dari periklanana ialah ”kita mendapat customer dan mendapatkan lebih banyak keuntungan bisnis” . Untuk apa beriklan jika tidak untung? malah buntung? bener atau bener banget.

Nah.., Sebelum kita ingin lebih banyak customer dan meningkatkan pendapatan usaha kita dengan Adwords. Sebelumnya Anda harus menentukan metrik Goals dan Objective periklanan yang dapat diukur. Periklanan Adwords/SEM terdapat 3 goals penting yang harus Anda tentukan dari periklanan

Generating leads : mendapatkan data dan inquiry form, Driving purchase : mengajak pembelian, dan Creating brand awareness : atau Buat  kesadaran akan produk

Berikut ada beberapa contoh studi kasus? Anda coba tebak Goals mana yang cocok untuk bisnis ini.

  1. Dian ingin mendapatkan penjualan lebih banyak untuk produk gamis online nya ?
  2. Aben ingin orang-orang melakukan registrasi online untuk mengikuti Pelatihan Digital Marketing yang dia adakan, untuk di followup selanjutnya
  3. Disya ingin orang-orang mengunjungi website toko baju bayinya, karena Disya baru saja memiliki website ?

Apa jawaban untuk diatas?

Hayoo jawab dulu.., sebelum liat jawabannya  ingat jawabannya dari ketiga itu hanya

  1. Generating leads
  2. Driving purchase online
  3. Create Branding Awareness

Ya jawaban Anda benar, walaupun dari sebahagian yang lain ada yang keliru. Jawaban yang tepat untu pertanyaan diatas ialah

Diriving Purchase merupakan objective ketika Anda menginginkan orang-orang membeli produk Anda untuk meningkatkan omzet pemasukan objective ini cocok untuk Dian. generating leads dibutuhkan ketika orang-orang mengisi form untuk keinginan jasa dan produk goals ini harus dipikirkan oleh Aben. dan creating branding awareness diartikan untuk mendapatakan lebih banyak pengunjung website agar orang-orang mengetahui keunikan dari produk Anda hal ini yang dibutukan oleh

Disya. Bagaimana dengan bisnis Anda, Apa Objective dari bisnis Anda. pilih salah satu. Mungkin bisa saja ketiga-tiga objective itu merupakan point dari bisnis Anda. tetapi, Anda harus fokus satu metrik untuk memudahkan kita melakukan tracking keberhasilan Campaign Google Adwords kita.

Untuk Lead Generation Anda harus melakukan Tracking Cost Per Lead atau disingkat CPL. untuk Driving Purchase Anda dapat menghitungnya dengan mengukur nilai spending dengan hasil penjuaalana atau ROAS. Jika Anda ingin mengukur seberapa besar branding Awareness Anda dengan SEM, bisa melakukan trackiing frequency atau impact foku s kepada jangkauan iklan Anda misal. melihat unik visitor dalam website Anda dengan Campaign SEM yang. Anda bisa mentracknya pada Google Analytics

menghitung leads dan purchase Ada rumusnya, bukan hanya matematika ada rumusnya dalam digital marketing juga menggunakan matematika, jangan takut matematika untuk disini mudah dan saya akan jelaskan secara detail.

  • Generating leads ukur metrik dengan CPL(Cost Per Leads)

Kembali pada pertanyaan diatas, jika Aben ingin menghitung keberhasilan periklanannya bisa dengan metrik CPL. yaitu dengan rumus. “Biaya total Iklan : Jumlah Leads yang didapatkan”

Note*Anda bisa menghitung “Jumlah Leads yang didapatkan” yaitu dengan memasang tracking conversion pada website Anda*

Misal Aben menghabiskan budget iklan sebesar Rp.5000.000 per bulan pada campaign Adwords. Aben mendapatkan 10000 Views dan 500 klik. dari 500 visitor yang mengunjungi websitenya Ada 50 orang mengisi form keberminatan untuk mengikuti pelatihan Google Adwords (Became Leads). Dari Informasi diatas dan dicocokan dnegan rumus maka :

Biaya Total Iklan (Rp. 5000.000) : Jumlah Leads (50) = 100.000(CPL).

Sebelum menggunakan Adwords. Aben menggunakan teknik marketingnya dengan membayar tenanga sales dan memasang booth pada event. Aben menghabiskan 10.000.000 Juta perbulan dengan mendapatkan leads 50 jika dihitung CPL untuk marketing konvensionalnya ialah 10.000.000/50 = 200.000 (CPL Konvensional).

Diartikan disini Periklanan Adwords Lebih baik dari marketing Konvensional. Aben juga bisa menggunakan formula CPL ini bisa meningkatkan Leads yang didatpakn dengan menfokuskan keywords-keywords yang menghasilkan Leads paling banyak. atau lokasi campaign yang lebih banyak untuk meningkatkan CPL dengan budget yang sama.

  • Driving Purchase ukur Metrik dengan ROAS

Dian pengusaha Gamis ingin meningkatkan penjulan gamisnya untuk mengukur kesuksesan Adwordsnya. Dian menggunakan rumus. Pendatapan : Total Budget Iklan x 100 = ROAS %

Misal Dian mengeluarkan budget periklana 1000.000 SEM untuk satu bulan. Dian mendapatkan 5000 views iklan dan 100 orang yang melakukan klik. dari 100 orang yang masuk kedalam website gamis online Dian 20 orang diantaranya membeli gamis. dari total 20 orang membeli gamis. dian menghitung pendapatan 1600.000 dari penjualan Gamis dari channel SEM.

jika berdasarkan rumus maka

Pendapatan Rp. 1600.000,- : Budget Iklan SEM (Rp. 1000.000) x 100 = 160% (ROAS) – Waw! prosentase yang baik dari periklanan SEM. tetapi, ini masih pendapatan bersih belum dipotong dengan harga pokok dan biaya lain-lain.

Sama dengan Aben. Dian bisa meningkatan prosentase ROAS dengan memilih keywords mana saja yang menghasilkan penjualan. maka bisa fokusin dan diperbaiki beberapa keywords yang menghasilkan.

  • Branding Awareness : Meningkatkan Kesadaran akan Produk Kita

Akhirnya, sekarang kita menghitung cara mengukur Branding Awareness dari campaign Adwords (SEM). Anda bisa menghitung unique visitor dari yang klik Iklan SEM dan masuk kedalam website Anda. kalau untuk ini tidak perlu dengan rumus. bisa menceknya pada Data Analytics seperti Google Analytics atau Adobe Analytics. dengan tools ini Anda bisa melihat secara spesifik pengunjung Anda. dengan kata kunci apa orang yang masuk kedalam website Anda, berapa banyak yang masuk dan berapa keunikan user yang masuk kedalam website Anda.

Oke sekarang Advertiser sudah mengetahui yaa? ketiga metrik objective dalam kesuksesan periklanan SEM dan mengetahui cara menghitungnya. Semoga hitung-hitungan mendapat hasil yang baik. jika ada pertanyaan yang belum jelas. comment dibawah.

Thanks.

 

 

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *