Sharing tulisan Belajar Google Analytics kali ini akan menjawab :
- Mengapa Data dan Web Analytics penting untuk Bisnis Anda?
- Apa itu Google Analytics ?
- Bagaimana SetUp Google Analytcs ?
Saya coba mengilustrasikan “KimJo” memiliki sebuah website e-comeerce menjual pakaian pria, yang terdiri dari kateogori atasan termasuk kemeja, kaos, jumper, switter. kategori bawahan celana, sepatu. dan beberapa aksesories pakaian pria seperti belt, dompet, tas, kaca mata dan lain sebagainya. setiap kategori mempunyai halamannya masing-masing. KimJo juga mengiklankan website nya dengan berbagai channel dengan facebook ads dan Google Adwords. KimJo juga bekerjasama dengan agency SEO untuk mengoptimasi beberapa kata kunci yang ingin tampil di halaman Google secara Organik beberapa keywords yang di optimasi ialah “Jual Switter Custom”, “Beli Online Baju Pria” dan keywords potensial-potensial lainnya
Setelah 3 bulan berjalan semuanya. KimJo ingin mengetahui bagaimana performance website dan channel digital marketingnya apakah berhasil atau tidak.
- Berapa total pengunjung ke websitenya selama 3 bulan ini ?
- dari semua pengunjung halaman mana yang paling banyak di kunjungi?
- dari mana pengunjung datang ke halaman website itu? apakah dari FB Ads, Adwords atau organik?
- apa-apa saja yang dilakukan pengunjung di website KimJo? berapa lama waktu rata-rata pengunjung mengunjugi website? berapa halaman yang dibukanya?
- Kata Kunci dari SEO agency, kata kunci organik mana saja yang sudah menghasilkan trafik ke website?
- Dari Channel digital yang dijalankan apakah menghasilkan keuntungan bagaimana menghitungnya? channel mana yang efektif menghasilkan penjualan? FB Ads, atau Adwords?
KimJo Bingung ingin mengetahui itu semuanya? jawaban untuk solusi KimJo ialah. KimJo harus belajar Google Analaytcs dan menggunakan Google Analytics untuk mengukur dan melihat performance pengunjung dan trafik websitenya hanya dengan satu tools, setelah mengetahui KimJo dapat melakukan perubahan dari insight dan data yang didapatkan dari Analytics.
Google Analytics akan memberikan data statsistik yang berguna, mmengetahui berapa user yang mengunjungi website, dari mana mereka datang, dan apa yang mereka lakukan di dalam website. Anda dapat melihatnya secara online dalam Dashboard Google Analytics.
pada Dashboard Analytics, selain Anda harus dapat membaca dan mengartikan data, Anda juga harus dapat membuat improvement dari data yang disajikan. mengapa orang keluar dari website (Bounce Rate) dari Iklan Social media kita, apa yang salah ? konten iklannya?, Gambar Iklannya?, Halaman websitenya terlalu lama loading?, Halaman website yang tidak relevan dengan iklan? dan lain-lain. Atau Anda bisa melihat user pengunjung website anda melakukan pembelian setelah seminggu melihat iklan Anda di Google. karena kita bisa membuat link tracking untuk mengetahui dari mana user mengunjungi website kita.
Dengan Google Analytics KimJo dapat melihat dan mengukur channel digital media nya untuk melakukan improvement dan perbaikan pada strategy digitalnya. untuk itu KimJo dapat membuka langsung halaman Google analytics untuk belajar dapat di buka
https://analytics.google.com
Berikut video cara membuat account Google Analytics dan Memasukkan Script Analytics di Website.
- Membuat Account Google Analytics
- Menginsert Tag Analytics dengan CMS WordPress
Gimana? sudah buat accountnya ? yang terpenting ialah Anda benar dalam menginsert Script Google Analytics ke website Anda. tenang saja jangan takut dengan script itu, Anda gak harus paham coding. yang perlu Anda lakukan hanya Copy dan Paste. Untuk cek keberhasilannya Anda bisa instal extension “tag asistant pada google chrome”.
Hasil pada Dashboard analytics bisa di cek paling cepat 24 Jam setelah pemasangan Tag Analytics. setelah itu Anda bisa mengcollect data apakah strategy digital marketing Anda bekerja dan berguna membuat insgigh strategy dan improvement Google Analytics.
Jika Anda menggunakan Google Adwords dalam satu email, Anda bisa connect Account Google Adwords dengan Analytics. begitu juga dengan channel-channel yang lain.
Mudah Bukan untuk Belajar Memulai Google Analytics untuk mendapatkan data keberhasilan digital marketing.
Beberapa step yang harus Anda lakukan sebelum memasang Google Analytics, yang menjadi checklist Anda.
- Set Goal untuk Digital Marketing Anda
- Pastikan Website terupdate dan sudah mobile Friendly
- Set Up Social Media Accounts link ke website Anda
- Lakukan Search Engine Optimization dari Goal Anda
- Beriklan Melalui Google Adwords
- Monitoring statistik pengunjung dan channel digital marketing dengan Google Analytics
- Daftar dan Create Account Google Analytics