Rahasia Strategy Bidding & Budget Google Adwords

Biding yang Solid dan Budget yang efektif akan menang di Adwords 

MSH.web.id –  Google Adwords tidak bisa dilepaskan dengan CPC Bidding (Biaya Lelang) atau dengan Budget (Kemampuan Beriklan) karena Bidding yang Anda lakukan akan berpengaruh sukses dan efektifnya iklan Adwords atau Iklan PPC(pay per click).

Sebelum panjang saya jelaskan mengenai strategy bidding dan budget dalam Adwords, hal mendasar yang harus kita pahami ialah bagaimana kita membedakan Antara Bidding dan Budget yang merupakan komponen penting yang harus dipahami dalam beriklan Adwords.

Pengenalan Konsep Budget Google Adwords

Budget merupakan kemampuan kita dalam mengalokasikan budget pada setiap campaign Google Adwords secara harian, atau disebut dengan daily budget, pengaturan daily budget ditentukan pada saat setting Campaign Google Adwords. misal : kita mengalokasikan budget beriklan Google Ads selama satu bulan 5 juta rupiah. maka daily budget yang akan kita alokasikan 5 juta/30 hari = sekitar 160 ribu daily budget, jika kita ada 3 campaign di Adwords, maka dari 160 ribu itu Anda bagi sesuai dengan goals, kebutuhan serta stratagy untuk 3 campaign tersebut. jika  tidak mempunyai strategy khusus dari ke 3 campaign tersebut bisa menggunakan strategy pro-rata yaitu 160/3 campaign jadi percampaignnya sekitar 53 ribu. tetapi, jika ingin menyerahkan seutuhnya dari daily budget tersebut ke Google bisa menggunakan Strategy “Shared Library” yaitu masukkan 160 ribu pada budget, dan pilih ketiga campaign yang mau dibagi, nanti Google akan membaginya sesuai dengan performance iklan Adwords.

Pengaturan Shared Library Budget

                                                                  Shared Library Langkah 1

 

                                                Shared Libary Budget Langkah 2

penggunaan shared library dan strategy budget pro rata merupakan strategy awal dan sederhana, jika Anda sudah membaca history dan performance campaign sesuai dengan Goals dan tujuan beriklan. Anda bisa mengalokasikan budget sesuai dengan goals misal dari Budget 160 ribu, Anda memiliki campaign dengan konsep seperti ini.

Campaign Name Budget
Branding  Rp    40.000
Laptop  Rp    90.000
Handphone  Rp    30.000

Jika Goals Anda ingin meningkatkan penjualan Laptop Anda bisa meningkatkan Budget untuk Laptop dari pada Handphone dan branding. Jika Anda ingin meningkatkan branding Anda dengan keywords – keywords yang long tail. Anda bisa mengalokasikan budget “branding” lebih baik dari yang lain.

Bidding Adwords Strategy

Pengaturan dan pemilihan strategy bidding pada adwords dilalukan pada saat membuat “campaign” baru pada Adwords. jika ingin melakukan perubahan strategy bidding pada Adwords bisa dilakukan dengan “setting > campaign”. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam menentukan bid pada Adwords atau menentukan bayaran lelang setiap Adgroup atau keywords yang ingin ditayangkan oleh Google.  berikut pilihan beberapa tampilan Bid pada Adwords.

                                                                         Tampilan Bid Strategy pada Adwords

Pada pengaturan Bid Adworsd Strategy ada 2 pilihan kita pilih, yaitu Automatic Bidding dan Manual Bidding

Automatic Bidding 

Bid yang ditentukan oleh Google secara otomatis disesuaikan dengan goals dan target dari beriklan di Google Adwords. saya akan jelaskan beberapa pengaruh dan masing-masing perbedaan pada pilihan dari Automatic Bid Adwords. tetapi, secara singkat saya akan informasikan beberapa kebutuhan dari pilihan Automatic Bid tersebut.

  • Target Search Page Location : Goals : apabila anda menginginkan Iklan tepat sasaran pada lokasi yang Anda tuju, secara automatic Google akan menentukan Bid pada lokasi yang yang diinginkan
  • Target CPA : Goals : digunakan untuk Cost Per Accuisition : Google Akan menentukan secara autmatic bid yang digunakan untuk mendapatkan konversi sebanyak mungkin (konversi : leads, buy, download, event, dll)
  • Target ROAS : Goals : digunakan untuk Return On ad Spend. Google akan menentukan tingkat laba sebanyak mungkin pengaturan ini bisa dilakukan pada Google Analytics
  • Target Outranking share : Goals : ingin mengalahkan competitor ? , masukkan domain competitor disini, maka Google akan menentukan bid secara otomatis untuk mengalahkan domain competitor dengan keywords yang dipilih
  • Maximize Clicks : Goals : Goals : Cukup jelas ingin meningkatkan clicks yang diserahkan sama mesin Google secara otomatis maka pilih ini.
  • Maximize Conversion : Goals : cukup Jelas ingin meningkatkan konversi yang diserahkan sama mesin Google, pilih ini.

Jika anda sudah memiliki Goals dan analisa yang kuat terhadap Campaign Anda maka pilihan dari Automatic Bid layak untuk digunakan. yang dapat bisa dikontrol lebih baik dari manual bidding . agar lebih tepat sasaran

Manual Bidding

Manual Bidding kita yang mengontrol sendiri berapa biaya yang kita sanggup untuk membayar satu klik (untu adwords search) setiap pengguna mengklik iklan kita. ini biasa saya lakukan untuk campaign yang biasa agar iklan dapat kita kontrol. Anda bisa menentukan Bidding berdasarkan analisa yang dilihat pada “Keywords Planner”. manual bidding bisa dilakukan berdasarkan level category Adgroup atau per Keywords. 

Bagaimana menentukan Harga Bidding Manual ?

Jawaban untuk menentukan harga bidding ada 2, yaitu, Pertama, ditentukan dengan kemampuan beriklan di Google. misal : Anda menginginkan mendapat 50 trafik setiap hari dengan Adwords kedalam website Anda dan Anda hanya memiliki kemampuan budget 50 Ribu / Hari. maka 50ribu/50 Trafik : jadi CPC manual yang harus anda masukkan averagenya 1000 rupiah. selanjutnya masukkan saja keywords yang diinginkan. setelah iklan berjalan Google akan memberitahu mana saja keywords yang kurang dengan bidding yang kita masukkan. Kedua, cek “tools keywords planner” pilih berdasarkan category atau keywords yang dipilih analisa perkiraaan harga rata-ratanya maka tentukan Bid CPC per Adgrupnya.

kalau dilihat dari keywords planner diatas dari keywords yang ditentukan “Jual Laptop Bekasi, Harga Laptop Asus”. didapatkan suggest keywords dan rincian saran bid dari Google. antara 700-2000, pada adgroup bisa membuat CPC Bid Manual antara 1000-1500/Adgroupnya. nantinya setelah berjalan 3-7 hari, Anda bisa melakukan optimasi dari CPC Bid Manual tersebut.

Optimasi Strategy Naikkan dan Turunkan Bid Secara Cepat dan Otomatis 

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *