Belajar Digital Marketing : POEM Sebagai Bangunan Digital Marketing

MSH.WEB.ID – Saya sering sekali menuliskan didalam blog ini bahwa Digital Marketing tidak ada kepastian, tidak ada definisi yang khusus, atau cara yang pasti. setiap orang bebas menentukan jalannya sendiri dengan seni dan strategy sesuai selera pribadi dan orang yang didahapnya. Karena itu banyak pemula yang ingin terjun di Digital Marketing bingung mulai dari mana belajar digital marketing, ketika mencoba belajar satu ruang digital marketing, semakin kemari malah semakin bingung dan tidak ada habis-habisnyanya, benar bukan.

Tetapi, saya akan coba memberikan sebuah akar dan bangunana digital yang sebenarnya. jika Anda sudah mengenal ruangan-ruangan digital marketing satu persatu, Anda hanya tinggal menggabungkan ruangan itu menjadi sebuah Bangunan Yang Utuh. Atau Jika Anda yang masih bingung mulai Belajar Digital Marketing dari mana? saya jelaskan konsep POEM yang merupakan Inti Konsep dasar dari Digital marketing.

POEM Digital Marketing. bukan berarti puisi digital marketing yaa?

POEM : (Paid, Owned, dan Earned Media) kerangka bangunan dan kerja yang memadukan pemasaran tradisional dengan digital marketing.
Belajar Digital Marketing - POEM
POEM merupakan cara kita melihat Digital marketing, kerangka kebutuhan yang dibutuhkan ketika kita belajar dan menjalankan Digital Marketing. Menjadi sebuah Bangunan yang Utuh.

P : Paid Media

Paid Media merupakan cara kita mempromosikan channel dan konten yang kita miliki, dengan berbayar secara instan sesuai dengan user yang ditarget. contoh media untuk Paid Media seperti Facebook Ads, Google Adwords, Linkedin Ads, Twitter Ads, dan lain-lain. biasanya konsep pembayaran pada Paid Media, ialah Pay Per Click, Anda akan dikenakan biaya setelah ada interaksi terhadap iklan Anda. Paid Media merupakan cara yang paling efektif dan cepat untuk mendapatkan traffik atau pengunjung terhadap Media yatau landing page Anda

O: Owned Media

Owned Media, sebuah bangunan inti dan rumah Anda pada digital marketing, Anda memiliki kontrol lebih untuk melakukan perubahan dan disesuaikan dengan website Anda. contohnya seperti Website, Halaman Facebook, Situs Blog, Listing, Twitter, Instagram, pengelolaan content dan penambahan-penambahan design didalamnya merupakan cara yang dilakukan pada Owned Media.

EM : Earned Media

Pengelolaan dari Owned Media dinamakan Earned Media, hal-hal yang perlu di optimasi dari Media yang kita miliki secara organik dan jangka panjang, seperti pengelolaan content Facebook Management (Share, Mention, Engange) , Search Engine Optimization (SEO). semua dilakukan secara organik. jikapun berbayar dibutuhkan hanya untuk membeli beberapa tools untuk mengoptimasi Owned Media agar lebih cepat dan efektif.

 

paid

 

POEM dalam digital marketing merupakan kesatuan utuh dan saling melengkapi, pengenalan konsep POEM pada Digital Marketing. adalah cara untuk melihat secara gambaran hal-hal yang kita butuhkan untuk beriklan atau memasuki Pemasaran secara Digital. yang harus kita belajar digital dan mengeskplor terus menerus

Teknis dan Detail isi dari POEM akan sangat panjang dijelaskan, Kalau ingin diurutkan secara kebutuhan perioritas ada baiknya Anda memiliki Owned Media, selanjutnya di optimasi dengan Earned Media, jika sudah optimal maka lalukan paid Media, dan begitu seterusnya untuk media dan channel-channel yang lain.

Share this:

1 thought on “Belajar Digital Marketing : POEM Sebagai Bangunan Digital Marketing”

  1. Pingback: Tips Memilih Pelatihan Digital Marketing – Muhammad Sya’ban Harahap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *