Yoha Pelaku Digital Marketer, bagaiman improvement yang dilakukan, berhasil ? 🙂
Dunia Digital Marketing tidak ada kepastian, tidak ada definisi yang pasti, kita bisa melihat dari berbagai sisi, dan mempunyai cita rasa sendiri dalam menjalankan ide dan strategy digital marketing. So, setiap pelaku digital marketer bebas menentukan rasa dan pengertian terhadap seni dalam melakukan cara digital marketing, tidak ada rumus pasti!
Karena dalam digital marketing, test, test dan test
Pengelolaan sebuah operational pekerjaan, dibutukan sebuah framework atau kerangka kerja dalam memulai, proses dan menerapkan hasil dari operasional yang dikerjakan. begitu juga dalam dunia digital marketing butuh sebuah flow dan funnel dimana dan kapan sebuah digital marketing bekerja dan keberhasilan dari digital marketing ialah, framework apa yang digunakan. melakukan setiap langkah-langkah yang digunakan.
Karena digital marketing sifatnya imaginatif dan kreasi, banyak digital marketer atau agency digital menciptakan kerangka kerja sendiri, dengan tujuan mencoba memberi keunikan dan kemudahan dalam mengelola strategy dan channel digital
Model yang banyak dan biasa digunakan biasanya konsep AIDA : Â Awareness, Interest, Desire and Action. Tetapi kita tidak akan membahas bagaimana konsep AIDA diterapkan menjadi bagian strategy digital marketing. mungkin lain kali saya akan menuliskan konsep lama ini, tetapi masih digunakan di beberapa person dan perusahaan.
saya pernah menemukan agency yang menerapkan konsep untuk memudahkan presentasi ke clientnya mengelola campaign digital dengan konsep  “Get Ready”, “Get Noticed”, “Get Along” sekali lagi saya tidak akan menjelaskan cara kerja bagaimana pola dan system framework tersebut. So, intinya dalam menerapkan funnel digital marketing dengan tujuan untuk memudahkan kita dalam mengelola strategy digital marketing bebas berimaginatif  dan berkreasi. terserah kita tetapi memang harus ada akar dasar berdasar pengalaman dan keahlian kita dalam melakukan Digital Strategy
Setelah lebih 5 tahun saya berkecimpung di dunia digital marketing, baik sebagai front end, Strategy, analytics serta optimizer production, sepertinya saya menemukan pola yang menarik untuk melaksanakan strategy digital marketing.
Saat ini saya di amanahi untuk membantu Indotrading, pada bagian Corporate Business Development, pekerjaan saya lebih mewadahi dari sisi corporate business baik dari sisi sales, strategy serta optimizer internal Indotrading serta client – client yang menjadi mitra Indotrading. Maka sudah menjadi tanggung jawab saya, untuk menciptakan sebuah positioning brand dan pola framework mengikuti perkembangan digital berdasarkan pengalaman yang saya temui dan pelajari. setelah saya berdiam diri di gua dan bertapa saya temukan inspirasi. dari framework yang ada. saya menyebutnya HEXA TRICKS, nah untuk yang ini mau tidak mau saya akan menjelaskan ruh yang ada pada hexa tricks ini. berikut ilustrasi awal dari Hexa Triks.