Belajar Adwords : Membuat Adgroup dan Melakukan Setting Billing, Selesai

Hi Advertisers,

Bagaimana pada pertemuan sebelumnya mudah bukan, pada step sebelumnya kita sudah mengetahui sekilas mengenai Google Adwords dan Strukturnya pada Tutorial part ke 2 kita mengetahui cara membuat campaign. kali ini saya akan menjelaskan membuat Adgroup, dan melakukan pembayaran. jika berhasil maka iklan Adwords Anda akan tampil di Halaman perioritas Google. Oh Iya.., saya buat tutorial ini very basic banget. jadi kalau yang sudah paham dan sudah expert di Adwords kedepannya saya akan bagikan juga tips dan trik, serta hack Adwords juga, Bagaimana mendapatkan klik yang banyak tetapi kita hanya membayarnya sedikit. Mau…, nanti saya jelaskan.

Okay, pada part membuat adgroup saya tidak menampilkan video karena. saya tidak cukup PeDe. mendengarkan suara saya sendiri ketika video itu live. heheh.

Membuat Adgroup

#Step Pertama :

Login kembali ke Account MCC Anda dan pastikan sudah berada pada halaman Campaign, sebelumnya kita sudah membuat Campaign raja-carcover.com. *Pilih Tab Adgroup

Membuat Adgoup-1

 

Ketika pilih tab Adgroup maka list Adgroup pada Campaign rajacarcover masih kosong, untuk membuat Adgroup pilih *+Adgroup

 

Membuat Adgoup-2

#Step Kedua : Penjelasan Adgroup

Anda akan dihadapkan dengan Halaman Membuat Adgroup dengan berbagai tahapan. Pada Agdroup Ada beberapa hal yang akan kita buat yaitu :

  • Adtext : Penulisan Iklan
  • Keywords : Keywords
  • CPC Adgroup

Jadi, pada Adgroup hanya penamaan saja. tidak ada pengaturan khusus seperti membuat Campaign. Tetapi walaupun hanya penamaan. banyak hal optimasi yang kita lakukan pada Adgroup ini.

#Step Kedua A : Membuat Nama Adgroup

Tuliskan nama Adgroup pada kolom yang #a. nama Adgroup ini bisa diambil dari category dan struktur produk pada halaman website kita. ini hanya contoh. jika kita lihat pada website raja-carcover.com memiliki category produk. mobil cover, motor cover dan campuran. kita sepakati untuk membuat membuat 2 Adgroup yaitu : Cover mobil dan Cover Motor

Screen Shot 2016-08-15 at 16.14.06

 

Membuat Adgoup-3

 

Tujuannya adalah menspesifikkan dari penulisan iklan dan Keywords agar mengetahui performance dari masing-masing category. seteleh menentukan Adgroup

#Step Kedua B : Membuat Adtext : Penulisan Iklan

Anda menuliskan kalimat iklan yang terdiri dari URL Iklan, Headline Iklan, Path, dan Description. pada penulisan iklan ada beberapa kebijakan yang tidak boleh kita kita tulis pada Adtext. panjang karakter, Huruf besar, symbol dan lain sebagainya.  detail dari editorial adtext Anda bisa cek disini https://support.google.com/adwordspolicy/answer/6021546?hl=en.  Untuk teknik penulisan Iklan yang terbaik akan saya jelaskan berikutnya heheh, #Rahasia. Oke sudah paham… di sebelah kanan Anda bisa melihat preview penulisan iklan yang ditampilkan pada dekstop dan Mobile.

#Step Ketiga : Menentukan Keywords pada Adgroup

Setelah kita menentukan Adgroup dan penulisan iklan selanjutnya tentukan keywords(Kata Kunci) yang relevan dengan Category website

Membuat Adgoup-4

Keywords yang dimasukkan. harus sesuai dengan Category Adgroup sebelumnya jika diatas kita sudah menentukan adgroup : cover mobil maka keywords -keywords yang kita tentukan harus berkaitan dengan cover mobil.

Ada beberapa cara Anda memasukkan keywords pada adgroup. bisa memilih saran dari Google yang di sebelah kanan jika cocok pindahkan ke kiri “klik <<add”.  Anda juga bisa menentukan sendiri dengan keywords planner.

Note :
Fokus Pada Keywords yang menghasilkan Prospek, dan meningkatkan penjualan Anda. jangan membubuhkan Keywords yang terlalu umum dan branding, seperti hanya menggunakan 2 frasa keywords, keywords menggunakan broad.

Sebenarnya ada beberapa type dari Keywords : yaitu Broad, Exact, Broad Modifier, Phrase, saya akan jelaskan teknik keywords dan negative keywords kedepannya. 

 

#Step Keempat : Menentukan CPC Adgroup dan Save Adgroup

Membuat Adgoup-5

Tentukan CPC maksimal pada semua keywords yang Anda masukkan. Anda bisa kira-kira harga keywords di keywords planner. Jika Anda menyesuaikan dengan kemampuan Anda. maka bisa tuliskan saja. standar CPC keywords untuk produk-produk UKM pada saat ini masih di 500-3000 Rupiah. Untuk Teknik Bidding agar iklan kita pada posisi terbaik saya akan berikan tipsnya.

Jika sudah selesai menenetukan bid, dan semua stepnya tidak ada yang error validasinya klik save. maka Adgroup anda sudah tersimpan.

#Step Ke-Lima : Buat beberapa Adgroup sesuai category website

Lakukan step ke 2 – hingga ke 4 berulang-ulang disesuaikan dengan category website. seperti yang saya sebutkan diatas. contohnya kita sudah buat 2 adgroup yang “Eligible” Cover Mobil dan Cover Motor.

Membuat Adgoup-6

 Terakhir Pengaturan Pembayaran Google Adwords 

Agar Iklan dapat tampil di Halaman Google. selanjutnya Anda melakukan pembayaran atau mendepositkan biaya Iklan di Google. caranya di pojok kanan atas klik billing

Billing Adwords-1

 

Lakukan pengaturan. pada pembayaran pilih manual atau automatic pilih pembayaran manual untuk Anda mendepositkan kredit dahulu ke Adwords dengan pembayaran Debit/Kredit. setelah Order budget telah selesai. Iklan Anda akan Live.
Selanjutnya lakukan optimasi Iklan agar iklan tepat sasaran dan menjadi pemenang di Adwords. saya akan jelaskan pada tutorial selanjutnya.

Thanks

Share this:

11 thoughts on “Belajar Adwords : Membuat Adgroup dan Melakukan Setting Billing, Selesai”

  1. ane mulai paham dengan beriklan di adword tapi saya selalu kalah dalam persaingan posisi teratas.. tolong dong kang di share cara biar keyword yang di target bisa posisi di atas dengan budget seminimal mungkin, hatur nuhun kang tutorialnya.

    1. wah mantap, untuk saat ini Adwords hanya debit BNI. disarankan untuk menggunakan kartu kredit. agar lebih cepat untuk dijalankan. silahkan dikonsultasikan kembali.

  2. Ulasan mendalam sangat bagus, namun saya pemain herbal yg selalu tidak bisa membuat iklan karna aturan uud farmacy kata adword nya. Mohon saya dibantu. Trims

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *