Cara Menentukan Posisi Iklan Google

Pelajari Cara Praktis Meningkatkan Ad Quality & Posisi Iklan Adwords.

Saya dan Anda pasti sadar, Era digital ini mengajarkan kita untuk menjadi “Jiwa yang Manja”. Kenapa? karena Kita ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat dan tepat.

Ya.., ketika kita mencari di halaman Google, kita menginginkan barang yang kita cari, ada di halaman pertama. Kita tidak perlu masuk ke halaman ke 2-3 dan Seterusnya. Jika kita sudah menemukan website yang cocok sesuai apa yang kita inginkan

Ketika kita menyadari itu, maka pelanggan Anda juga membutuhkan hal yang sama. Ilustrasinya, ketika pelanggan mencari dengan kata kunci “baju batik pria”. Dipastikan pelanggan mengharapkan dari kata kunci mendapatkan produk yang pas dan relevan dari apa yang dia inginkan.

 

Gambar Relevansi Adwords
Gambar A

Gambar Relevansi Iklan Adwords
Gambar B

Dari gambar diatas, jika mencari dengan kata kunci “Baju Batik Pria” mana yang paling sesuai relevansinya. Yaa pasti Anda menjawab gambar A. gambar B walaupun terdapat gambar batik tetapi juga menampilkan produk yang tidak kita inginkan.

Relevansi iklan, Keyword dengan halaman pendaratan (landing page), merupakan salah satu cara yang terpenting untuk meningkatkan kualitas(Ad Quality) dan posisis iklan Adwords. dari sini kita paham, point pertama dan yang terpenting untuk meningkatkan posisi iklan ialah relevansi antara kata kunci, penulisan iklan dan landing page yang di tuju.

Tetapi, Apakah hanya itu saja? untuk mendapatkan posisi iklan yang lebih baik pada Search Engine Marketing.  Ada 3 cara yang perlu diketahui agar iklan muncul di halaman pencarian Google pada Google Adwords


1. Bidding

Lakukan Posisi tawar pada Adgroup atau setiap kata kunci yang sesuai dengan nilai tawar saat ini, bisa juga lebih tinggi, Anda jangan khawatir karena Anda akan di kenakan Biaya seharga ketika orang mengklik iklan Anda. Tetapi, ini cara yang instan dan cepat jika Untuk Jangka Panjang. Anda harus Melakukan point 2 dan 3


2. Ad Quality

Lakukan penulisan iklan yang memiliki pesan relevan dan kata kunci dengan halaman website yang dituju. Saya akan jelaskan konsep penulisan iklan yang baik di bawah nantinya. baca dulu yaa?


3. Ad Extension

Extension membuat Iklan Anda lebih menarik, jika menarik maka klik Anda tinggi, jika tinggi CTR(Perbandingan antara klik/Impression) anda bagus, dan seterusnya.  Anda bisa menambahkan Extension, Call, Location, Sitelink, Callout, App Download. untuk menambahkan kualitas penulisan Iklan. Untuk detailnya Anda bisa cek disini.

https://support.google.com/adwords/answer/2375499?hl=en


3 kombinasi diatas merupakan cara ampuh untuk mendapatkan posisi  Iklan yang bagus. Jika Anda membuat bidding yang sesuai dan Quality Score yang bagus tetapi, Extension iklan tidak dipasang. Rangking iklan dimungkinkan bisa rendah.

Rebutan Iklan Adwords, Saya Pertamax
Rebutan Iklan Adwords, Saya Pertamax!!

Kita coba mengilustrasikan bagaimana Google menentukan posisi iklan.  kita memiliki nama samaran empat nama Advertiser (Pengiklan Adwords) Ucok, Elis, Evin, dan William.  mereka mempunyai kata kunci yang sama.

Ucok melakukan Bid Rp 400 Rupiah,  Elis Rp.300, Evin Rp.200, dan William Rp.100,
Jika bidding merupakan point utama untuk posisi iklan. maka Ucok dari medan berhak mendapat posisi 1 di halaman Google . Dan William dari inggris pada menyerah pada posisi terbawah.

Tetapi, Sesuai dengan pembahasan diatas, kita harus memperhatikan point-point yang lain. tenang dulu., Ucok jangan senang dulu. Adwords menghitung Qualiaty Score Iklan dan Ad Extention Iklan. Ternyata setelah di cek oleh mesin Google

  • Ucok memiliki Quality Score Rendah(1)  dan dia tidak memiliki Extension
  • Elis memiliki Quality Score Tinggi(5) tetapi hanya menampilkan 1 extension
  • Evin memiliki Quality Score Tinggi(5) dan dia memiliki 3 extention (5)
  • William memliki Quliaty Score sedang(2) dan membuat 2 extention iklan

Setelah ditentukan 3 Faktor diatas maka didapatkan point :

Evin mendapatkan evin 20 , Elis 15, William 8, dan ucok 5. dilihat dari ilustrasi diatas  Evin memiliki score yang paling tinggi, dan berhak mendapatkan posisi teratas diatas di halaman Google walaupun Evin melakukan Bidding Rp.200.

Seperti janji saya diatas, bagaimana membuat Kualitas yang baik menurut Google dan di mata pelanggan(Manusia Digital).
Cara sederhana membuat iklan yang effective ialah :

  1. Write spesifik ad copy
  2. Feature Unique Selling Point
  3. Connect your Ad dengan landing Page

Biasanya untuk awalan saya membuat kerangka penulisan iklan dengan beberapa pertanyaan :

  1. Apa Nama Perusahaan Anda
    Jawab Misal : Batik Krisna
  2. URL Website yang diinginkan
    Jawab Misal : batikkrisna.com/KemejaPria
  3. Tuliskan satu category Product yang Anda Jual ?
    Jawab Misal : Kemeja Batik Pria
  4. Tambahkan kata sifat yang menggambarkan produk, agar lebih spesifik?
    Jawab Misal : Tidak luntur
  5. Tambahkan kata keunggulan perusahaan kita?
    Jawab Misal : Banyak Pilihan Motif
  6. Pikirkan Kalimat Selling Point, yang ingin Anda sampaikan
    Jawab Misal : Beli 2 Dapat 3
  7. Buat Kalimat Ajakan( Call To Action) ?
    Jawab Misal : Beli Sekarang
  8. Tambahkan Extension Iklan ?
    Jawab Misal : Location, Call, Sitelink Extension

Dari point 1 -8 tersebut contoh iklan yang dihasilkan seperti ini : gimana menarik bukan?

Menaikkan Posisi Iklan

 

Sebagai kesimpulan Posisi iklan sangat penting menentukan hasil dari Iklan Adwords, Posisi yang baik maka menghasilkan klik yang lebih banyak dan orang yang tepat, jika mendapat klik pelanggan juga lebih banyak. Untuk menentukan Posisi yang baik Anda harus memilik Kualitas Iklan yang baik, Tawaran Iklan yang sesuai, dan Menambahkan Extension Iklan Anda.

Lakukan hal ini terus menerus, nanti lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan menemukan pola menemukan hasil yang terbaik beriklan di Google.

Selamat mencoba, 

Share this:

3 thoughts on “Pelajari Cara Praktis Meningkatkan Ad Quality & Posisi Iklan Adwords.”

  1. min saya mau tanya untuk strategi biding yang bisa menyesuaikan biaya secara otomatis biar kita menang di lelang itu yang mana ea ?
    terus untuk mengatasi 1 x tayang 2 x klik apakah bisa di kategorikan invalid klik

    1. bisa menggunakan autmatic bidding with competitor, pilih beberapa domain competitor bidding akan menyesuaikan secara otomatis. competitor bisa dilihat di impression share,

Leave a Reply to Samsudeen Cancel Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *