Hasil Adwords Pasti Maksimal, Kalau kamu melakukan Optimasi ini.

Iklan Adwords dibuat bukan hanya dilihat tampil(Impression) pada halaman pertama Google, bukan hanya diclick, bukan hanya visit ke website (Session) terus main-main didalamnya. Tujuan kita beriklan ialah mendapatkan puncak hasil yaitu action penjualan. Walaupun beriklan di Adwords kita secara tidak langsung mendapatkan manfaat yaitu branding serta traffic ke website.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari Adwords syaratnya ialah Optimasi. banyak cara dan strategy optimasi yang dilakukan pada Search Engine Marketing. baik Optimasi Landing Page atau Optimasi Campaign Adwords. Kali ini saya ingin share Standar Operation Optimization Campaign Google Adwords. Standar ini saya buat berdasarkan pengalaman saya dalam mengelola Account Adwords. kalian bisa mengembangkan dengan persfektif yang berbeda. optimasi ini cocok untuk dengan campaign yang tidak terlalu banyak dan budget Adwords yang tidak terlalu besar. jika untuk campaign besar maka cara ini hanya sebagaian kecil untuk dilakukan. Jika ini sudah berhasil tetapi, tidak mendapatkan hasil yang diharapkan berarti ada satu hal lagi yang harus di optimasi ialah “Optimasi Landing Page”. Nanti saya akan bahas mengenai optimasi Landing page bagaimana menghasilkan landing page yang memiliki conversion tinggi. Insyallah.

Silahkan dipelajari dan dikembangkan, Apabila ada yang ingin ditanyakan dengan senang hati akan saya Jawab.

Standar Operation
Optimization Campaign Google Adwords

Level Campaign

  • Sesuaikan Daily Budget Campaign secara periodik
  • Alokasikan budget pada performansinya baik, bisa dilakukan secara (shared library budget)
  • Tentukan Ads Schedulling dan Ads Delivery Campaign
  • Tentukan Lokasi terbaik penayangan iklan, Increase pada lokasi yang performansinya baik dan sesuaikan juga dengan target.
  • Monitor progress dari klik, Impression, views, CTR, CPC, Conversion. Tentukan mana Goal terbaik.
  • Tentukan waktu penayangan Iklan, secara hari dan waktu bid lebih tinggi untuk performansi iklan yang baik.
  • Bid pada performansi device yang baik, dan lihat halaman landing pagenya jika responsive dan goal dari mobile banyak maka increase bid untuk mobile

Level AdGroup

  • Tambahkan Extension pada Adgroup (Call, Callout, Sitelink)
  • Pastikan disetiap Adgroup dengan CTR secara rata-rata (3-5%) – tergantung dari average disetiap campaign
  • Cek Website, Sesuaikan kembali Adgroup pada Category Jasa/Website Website
  • Increase Max CPC Bid pada adgroup yang performansinya bagus tetapi rendah Impression
  • Pause Adgroup jika tidak perfom ( High CPC, Low CTR, Less Clicks)
  • Pastikan Relevansi antara Adtext – Keyword di masing-masing Adgroup

Level Keyword

  • Monitor keyword status (eligible, paused, low quality score, below 1st Page bid)
  • GunakanTool “Search Term Report” untuk melihat performance keyword : jika cocok dengan campaign maka masukkan sebagai keyword, jika tidak masukkan kedalam negative keyword
  • Tambahkan variasi keyword yang memiliki keyword dengan performansi baik
  • Naikkan Relevansi untuk keyword dengan low quality score (edit the text ads, change landing page, create new adgroup jika di butuhkan
  • Pause beberapa keyword dengan low performansi campaign (Low QS, Low CTR, low Conversion / Conv Rate)
  • Kreasikan Keyword sesuai kebutuhan “Broad, Exact, Phrase”
  • Research Grouping Keyword (Brand Keyword, Product Keyword, Expand Keyword, Locate Keywords)

Level Adtext

  • Monitor Status Adtext (Approved, Approved (Limited), Dissaproved)
  • Jika ada iklan yang disapproved cek kasusnya (trademark, ads policy, destination landing page etc. )
  • Update text ads secara periodic untuk meningkatkan CTR iklan
  • Optimasi A, B testing
  • Rumus Adtext (Sesuaikan dengan Keyword, Problem(Pernyataan mengejutkan, Janji(Fakta kepercayaan), Ajakan(Solusi, Manfaat), Harga)

Selanjutnya silahkan ditambahkan dan dideskripsikan, karena Digital Marketing ialah Seni Persfektif 🙂

Muhammad Sya’ban

Share this:

5 thoughts on “Hasil Adwords Pasti Maksimal, Kalau kamu melakukan Optimasi ini.”

Leave a Reply to Paul Cancel Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *